PEMBUATAN BIBIT STEK PUCUK JENIS RAMIN (Gonystylus bancanus)

Disarikan dari tulisan :

Daryono, H. 1998. Pembuatan Bibit Stek  Jenis Ramin (Gonystylus bancanus) Dalam Rangka Rehabilitasi dan Pembangunan Hutan Industri di Hutan Rawa Gambut. Informasi Teknis No. 1/98. Balai Teknologi Reboisasi Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

 I.        Pendahuluan

Ramin  adalah salah satu jenis pohon primadona di hutan rawa gambut. Kayun ya berwarna kuning, seratnya halus, mudah dikerjakan/diolah sehingga kayu ini sangat disenangi oleh banyak orang untuk berbagai macam keperluan, serta tergolong jenis kayu mewah (luxury wood). Akan tetapi akibat pembalakan yang terus menerus, populasinya tinggal sedikit bahkan sudah tercatat dalam CITES sebagai jenis yang tidak boleh diperdagangkan dan harus dilindungi di kawasan hutan rawa. Musim berbunga dan berbuah yang tidak menentu dapat berselang 2-3 tahun sekali serta buahnya disukai oleh binatang pengerat (tikus, tupai) sehingga akan mengurangi atau menghambat permudaanya. Oleh karena itu diperlukan treknik perbanyakan vegetative untuk menunjang penyediaan bibit ramin yang diperlukan untuk upaya rehabilitasi hutan ramin maupun pembangunan hutan tanaman industry.

 II.      Pembuatan Kebun Pangkas

Kebun pangkasan ramin diperlukan untuk menghasilkan tunas-tunas sebagai bahan stek pucuk.  Sebaiknya kebun pangkasan dibuat dibawah tegakan agar cukup teduh dengan membuat bedengan yang panjangnya 3-5 m dan lebarnya 1 m. Bahan tanaman kebun pangkasan dapat berupa bibit hasil penyemaian benih maupun hasil perbanyakan vegetatif yang diperoleh dari pohon induk yang telah dipilih (memiliki sifat-sifat yang baik). Bibit ramin yang telah berumur 1 tahun siap ditanam pada bedengan kebun pangkasan dengan jarak tanam 0,5 x 0,5 m. Untuk memacu pertumbuhan tanaman diperlukan pemupukan NPK 100 gram/tanaman yang ditaburkan secara melingkar disekitar tanaman. Tanaman sudah bisa diambil tunasnya untuk bahan stek pucuk memerlukan waktu 2-3 tahun.

 III.    Pembuatan Stek Pucuk

  1. Pemilihan lokasi persemaian : sebaiknya dipilih lokasi dengan topografi yang datar, bebas banjir, dekat dengan sumber air untuk penyiraman,  dibawah tegakan sehingga mendapat kedteduhan dengan intensitas cahaya maksimal 30%.
  2. Pembuatan bak stek berukuran panjang 3 m dan lebar 1 m, yang terbuat dari bahan pasir dan semen namun tidak perlu diplester halus sehingga dapat menyerap air yang menyebabkan lingkungan bak stek cukup lembab. Bagian dasar bak diberi kerikil kemudian ditutup media tanam berupa pasir.
  3. Penyiapan bahan dan peralatan yang meliputi bahan tanaman berupa tunas ortotrop yang sudah mengeras (mulai berkayu) dan tidak sukulen karena masih terlalu muda dan biasanya tidak berakar, hormon IBA (rapid root) dalam bentuk pasta, gunting stek, pisau cutter, wadah (ember atau bak plastik) untuk menyiampan tunas setelah dipangkas dari kebun pangkasan
  4. Pembuatan dan penanaman stek pucuk : panjang stek pucuk rata-rata 15 cm (memiliki 3 ruas), pada setiap stek terdiri atas 2-3 helai daun yang masing-masing daun dikurangi ½ -1/3 bagian. Bagian pangkal stek dicelupkan kedalam larutan hormon kemudian segera ditanam pada media dengan jarak tanam 8-10 cm. penyiraman stek pucuk sebaiknya dilakukan setiap 3 jam untuk menjaga kelembaban stek  90-92% dengan suhu udara tidak lebih dari 32oC

IV.    Pemeliharaan Bibit

Bibit stek pucuk sudah dapat disapih dari bak stek setelah berumur 2,5 sampai 3 bulan. Penyapihan dilakukan pada media campuran gambut dengan top soil (60% gambut dan 40% top soil) dalam polibag berukuran panjang 18-20 cm dan diameter 10-12 cm yang bagian bawahnya dilubangi agar air dalam polibag tidak menggenan.  Penambahan pupuk kandang akan meningkatkan pertumbuhan bibit di persemaian. Bibit yang sudah disapih dalam polibag disusun dalam bedengan sapih berukuran  5 m x 1 m dan diberi naungan sehingga intenistas cahaya  maksimal 30%.

About these ads
Ditulis dalam Artikel. Tag: , , , , , . Komentar Dimatikan
Novilita

Blog Pribadi, suka-suka Gue..

Sampaikan Walau Satu Ayat

DIPERSILAHKAN JIKA INGIN MENGCOPY DAN MENYEBARLUASKAN ARTIKEL PADA BLOG INI.

HighTalk

Everything Digital Content

Poetry, Prose & Memoir

by Terah Van Dusen

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

5osial's Blog

kecanduan dunia mesin, ora lali sekolah

satuaspal.com

OTOmotif dan OOT ^_^

Simple Error

1 Foto, 101 Kisah

racemotogp.com

Berita Seputar MotoGP

Indomoto.com

Blog otomotif, sepeda motor, lalu lintas, internet, musik, #whatever

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

MasAffan Blog's

Suka Suka !

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 554 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: