Mahoni Daun Lebar (Swietenia macrophylla King )

Mahoni Daun Lebar (Swietenia macrophylla King )

Oleh : Hamdan Adma Adinugraha, S.Hut, M.Sc

 


 

 Swietenia macrophylla King dikenal sebagai mahoni daun lebar yang termasuk keluarga Meliaceae, tingginya dapat mencapai 35 m dengan diameter sampai 125 cm (Samingan, 1981; Martawijaya et al, 1981). Asal tanaman ini dari Amerika Tengah dan Selatan dengan wilayah penyebarannya di Srilanka, India, Serawak dan Fiji (Anonim, 1958). Masuk ke Indonesia diperkirakan tahun 1872 melalui India. Berkembang di Jawa sekitar tahun 1892-1902 (Khaerudin, 1994) dan sampai sekarang menyebar di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur (Samingan, 1981). Tinggi pohon dapat mencapai 40 m dengan diameter dapat mencapai ≥ 100 cm, tajuknya lebat dan mengkilap, biasa menggugurkan daun pada musim kemarau, serta relatif sukar terbakar (Ardikoeseoma dan Dilmy, 1956).

Pembibitan dan Penanaman

Pembibitan mahoni umumnya dilakukan secara generatif namun dapat pula diperbanyak dengan cara stek pucuk menggunakan tunas pada batang pohon mahoni. Daya berkecambah biji yang matang/tua dan kering mencapai 80-90%. Sebelum disemaikan biji mahoni dipoton sayapnya, kemudian ditanam dengan kedalaman 2-4 cm pada media pasir dalam polibag dengan posisi potongan sayap menghadap ke atas (Anonim, 1976). Semai sudah bisa disapih ke media tanah + kompos (3:1) setelah 2-4 minggu. Penyemaian mahoni dapat juga langsung dilakukan pada media tanah + kompos (Adinugraha, 1998). Bibit  mahoni sudah siap tanam setelah berumur 3-4 bulan dengan tinggi rata-rata 30-40 cm. Penanaman mahoni dilakukan dalam bentuk tegakan monokultur maupun hutan rakyat campuran serta biasa ditanam sebagai tanaman perindang jalan.

Pemanfaatan

Pohon ini menghasilkan kayu yang baik untuk pertukangan, kayu gubalnya berwarna merah muda sedangkan kayu terasnya berwarna merah hingga coklat tua (Anonim, 1976). Kayu mahoni termasuk kelas awet III, Kelas kuat II-III yang digunakan untuk venir, kayu lapis, mebel, panil, perkapalan, kayu perkakas, kerajinan patung/ukiran dan lain sebagainya (Martawijaya et al, 1981).

 

Bahan Bacaan

Adinugraha, H.A. 1998. Pengaruh Cara Penyemaian dan Variasi Penggunaan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Semai Mahoni Daun Lebar (Swietenia macrophylla King). Skripsi Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. Tidak dipublikasikan.

Anonim. 1976. Vademecum Kehutanan Indonesia. Departemen Pertanian. Direktorat Jendral Kehutanan Indonesia. Jakarta.

Ardikoesoema dan Dilmy. 1956. Tentang Jenis-Jenis Kayu Mahoni atau Mahagoni Teristimewa Keluarga Khaya. Balai Penyelidikan Kehuatanan. Bogor.

Martawijaya, A., Kartasujana, I., Kadir, K. dan Prawira, SA. 1981. Atlas Kayu Indonesia Jilid I. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Bogor.

Samingan. 1981. Dendrologi. PT Gramedia. Jakarta.

4 Tanggapan

  1. permisi, sebelumnya terima kasih atas infonya.
    cuma mau tanya, kira” kalo beli biji mahoni berdaun lebar ini dimana ya? makasih ya.

    • Mungkin kami juga bisa melayani, cuma anda butuh berapa dulu untuk saat ini mahoni daun lebar masih blm barbuah

  2. kalo perkebunan/tmpt yang bnyk mahoni daun lebar di jogjakarta (atau sekitarnya) itu dimana y?
    terima kasih

    • gunung kidul

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: