Kayuputih (Melaleuca cajuputi subsp. cajuputi)

Melaleuca cajuputi subsp. cajuputi / Kayuputih

Oleh : Hamdan AA

Kayu putih merupakan tanaman penghasil minyak atsiri dari hasil penyulingan daunnya yang sangat berguna untuk obat. Sebaran alami tanaman ini terdapat di Pulau Ambon, P. Buru dan P. Seram, P. Aru dan P.Tanimbar sedangkan di P. Jawa ditanam secara komersial oleh Perum Perhutani diantaranya di Indramayu, Banten, Sukabumi dan Majalengka, Gundih, Yogakarta, Cepu, Ponorogo dan Mojokerto, Madiun dan Kediri (Kasmudjo,1992; Pusat Litbang Hutan Tanaman, 2006).

Gambar. Pertanaman kayu putih di Gunung Kidul

Jenis ini potensial untuk dikembangkan karena kandungan minyak atsiri pada daunnya yang sangat bermanfaat untuk bahan obat, campuran dalam industri makanan dan kosmetika. Selain itu jenis ini dapat tumbuh di tanah-tanah yang kritis dan sulit ditanami tanaman pertanian sehingga sangat cocok untuk merehabilitasi lahan kritis (Kasmudjo, 1992). Adapun pengembangan tanaman ini sebagai pemasok industri kayu putih memiliki prospek yang cukup baik, karena industri ini tergolong padat karya yang melibatkan penduduk sekitar hutan terutama pada kegiatan pemanenan daun, pengangkutan, proses penyulingan dan penanganan limbah (Rimbawanto, 2000).

Pembitan

Pembibitan tanaman kayu putih umumnya dilakukan secara generatif. Teknik pembiakan vegetatif juga dapat diterapkan yaitu dengan teknik stek akar dan stek pucuk tunas hasil rejuvenasi (Siagian dan Adinugraha, 2001). Teknik grafting juga bisa dilakukan dalam rangka penyediaan materi untuk pembangunan uji klon jenis kayu putih di Balai Besar Penelitian Biteknolodi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta.

Bahan Bacaan

Anonim. 2006. Penelitian Jenis Kayu Putih (Melaleuca cajuputi subsp. cajuputi). Usulan Kegiatan Penelitian (UKP) tahun 2006-2009. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman. Yogyakarta.

Kasmudjo. 1992. Dasar-dasar Pengelolaan Minyak kayu Putih. Yayasan Pembina Fakultas Kehutanan UGM. Yogyakarta.

Rimbawanto, A.2000. Strategi Pemulian Tanaman Melaleuca cajuputi Sub.sp cajuputi di Jawa. Makalah Pelatihan Pemuliaan Pohon. Kerjasama antara JKLT Perusahaan patungan PT INHUTANI dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta.

Siagian, Y.T. dan Adinugraha, H.A. 2001. Daya Pertunasan Cabang dan Keberhasilan Stek Pucuk Jenis Meleleuca cajuputi pada Beberapa Media. Buletin Penelitian Pemuliaan Pohon vol 5 No.2. Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Yogyakarta

%d blogger menyukai ini: