Agathis alba Foxw.

 


Agathis spp dikenal sebagai kayu damar, termasuk kedalam famili Araucariaceae. Tinggi pohon mencapai 55 m dan diameter batang mencapai ≥ 150 cm dengan bentuk batang silindris dan lurus. Tajuknya berbentuk kerucut, pohon tidak berbanir dan mengeluarkan damar yang lazim disebut kopal. Pohon ini tumbuh pada hutan primer, tanah berpasir, berbatu atau liat dan tidak tergenang air pada ketinggia 2-1.750 m dpl. Pembiakan tanaman dilakukan secara generatif. Musim buah biasanya bulan Februari-April dan Agustus- Oktober, dengan jumlah biji per kg sebanyak 4.950 butir.

 

Daerah penyebaran Agathis spp antara lain Sumatera Barat, Sumatera Utara, Seluruh Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Papua (Martawijaya et al, 1981). Pembibitan tanaman ini dilakukan dengan cara menyemaikan benih pada media tanah atau pasir dalam posisi berdiri. Benih mulai berkecambah setelah 6 hari. pembibitan secara vegetatif juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan stek batang dari anakan (Nurhasybi dan Sudarajat, 2001).

 

Kegunaan

Ksyu Agathis termasuk kelas kuat III, kelas awet V yang penggunaannya untuk venir, kayu lapis, kotak/peti, tangkai korek api, pensil, mebel, alat ukur dan gambar, pulp dan dapat juga untuk kayu perumahan.

 

Bahan Bacaan

Martawijaya, A., Kartasujana, I., Kadir, K. dan Prawira, S.A. 1981. Atlas Kayu Indonesia Jilid I. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Bogor.

Nurhasybi dan Sudrajat, D.J. 2001. Informasi Singkat Benih Agathis Lorantifolia RA Salisbury. Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan.

%d blogger menyukai ini: