Araucaria cunninghamii Aiton ex D.Don

Nama lain

Araucaria cunninghamii lebih dikenal dengan nama Hoop Pine. Nama atau sebutan lainnya yaitu Moreton Bay Pine, colonial pine, arakaria dan Dorrigi Pine. Di Propinsi Papua, jenis ini juga dikenal dengan nama Damar laki-laki.

Sebaran

Jenis ini tersebar di Australia dan pulau Papua (Papua New Guinea dan Propinsi Papua, Indonesia). Di Australia, tanaman ini tersebar di daerah pantai tropis (Coastal tropical) dan hutan hujan sub-tropis (subtropical rainforest), mulai dari northern Queensland sampai Coffs Harbour, NSW pada ketinggian 0-1000 m dpl. Sedangkan untuk pulau Papua, sebaran alami jenis ini meliputi Sungai Saga Aho di teluk Milne PNG pada 10o01′ LS, 150o15′ BT. Dengan ketinggian 550-900 m dpl dan Vogelkop Papua dekat Sausapor pada 0o03′ LS, 132o05′ BT. Di Propinsi Papua, penyebarannya mencakup Wamena, Jayapura, Nabire, Serui, Fak-fak, Sorong dan Manokwari. Diwilayah kebar, Papua, populasi Araucariacunninghamii cukup berlimpah dan berada di hamper seluruh puncak pegenungan di wilayah tersebut.

Dengan membaca tulisan ini, diharapkan para pembaca untuk bisa atau lebih mengenal jenis ini, dan akhirnya juga bisa melestarikan dan mengembangkan jenis yang asli Indonesia.


Percabangan Pohon Araucaria

%d blogger menyukai ini: