PERBANYAKAN TANAMAN MURBEI (Morus spp.) DENGAN SAMBUNGAN AKAR (Vegetative Propagation of Mulberries ( Morus spp.)by Rootgrafting)

Oleh/by

Sugeng Pudjiono

Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Yogyakarta

Hingga saat ini perkembangan persuteraan alam masih mengalami pasang surut. Banyak hal yang masih menuntut perhatian, baik masalah ilmiah maupun teknis. Baik yang berhubungan dengan pasokan bahan baku, proses pengelolaan dan pemasaran.

Untuk memperoleh hasil industri yang berkualitas tinggi hendaklah kualitas daun murbei yang merupakan pakan utama bagi ulat sutera perlu ditingkatkan. Selain kualitas pakan, ketersediaan bahan pakan ulat yang berkelanjutan dalam jumlah yang mencukupi juga mutlak diperlukan.

Untuk mencapai kualitas daun murbei yang unggul dapat dilakukan dengan pemuliaan tanaman. Salah satu metode pemuliaan tanaman yang cocok diterapkan pada jenis tanaman murbei adalah persilangan/ hibridisasi (Soeseno dan Na’iem, 1995). Hasil persilangan/ hibridisasi yang unggul dapat diperbanyak dengan pembiakan vegetatif supaya nilai aditif dan non aditif dapat diturunkan kepada keturunannya. Salah satu cara perbanyakan vegetatif adalah dengan cara menyambung/grafting.

Tulisan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan teknik perbanyakan tanaman murbei unggul dengan cara rootgrafting (sambungan akar), juga untuk memperbanyak tanaman murbei yang sulit diperbanyak dengan perbanyakan vegetative teknik lain misalnya stek batang. Teknik sambungan ini juga penting dikembangkan terutama untuk menggabungkan dua sifat tanaman yang berperan sebagai rootstock (batang bawah yang berasal dari akar) dan scion (batang atas yang berasal dari batang tanaman yang unggul).

Gambar rootgrafting murbei


2 Tanggapan

  1. bisakah saya membeli daun murbei di instansi Bapak? atau saya harus beli dimana di yogyakarta?terimakasih. (085229421911)

    • dikantor kami tidak ada jual daun murbei, dan info untuk tempat membelinya di jogja untuk sementara kami blm tau. trimakasih

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: