PENGELOLAAN VEGETASI DAN HASIL AIR

Disusun Oleh Suwandi

PENGELOLAAN VEGETASI DAN HASIL AIR.

  • Dalam kegiatan penatagunaan lahan yang bersifat merubah tipe atau jenis penutup lahan (Vegetasi) dalam suatu kawasan DAS, perlu dilakukan suatu tindakan yang dapat membuat suatu kawasan DAS stabil dan tidak adanya pengurangan/mempengaruhi besar kecilnya hasil air, serta dapat mempertahan penyebaran dan besarnya curah hujan serta memperkecil terjadinya perubahan iklim setempat.

PENGELOLAAN VEGETASI DAN ALIRAN AIR

  • Kegiatan pengelolaan vegetasi dan aliran air ini, baru bias dikatakan berpengaruh terhadap besar kecilnya aliran air, jika pengelolaan vegetasi didaerah hulu sungai tepat dalam pemilihan jenis vegetasi yang bisa meningkatkan hasil air.

  • Artinya tidak semua vegetasi hutan dapat menambah debit aliran air, karena ada beberapa vegetasi justru sebaliknya, malah mengurangi jumlah aliran air tahunannya. Sebab adanya Evapotranspirasi vegetasi yang besar, sehingga terjadi penyerapan air tanah yang cukup besar, selain faktor vegetasi ada juga faktor lain seperti; tanah, iklim dan persen luas DASnya.

PERUBAHAN VEGETASI & CURAH HUJAN

  • Pengaruh penebangan hutan terhadap curah hujan sangat kecil, masih banyak menimbulkan silang pendapat menyangkut daerah tropis. Menurut tulisan Asdak ini, yang perlu diingat ialah bahwa pengaruh hutan terhadap curah hujan hanya terjadi bersifat local.

  • Namun demikian bukan berarti kita boleh menebang kawasan yang berhutan seenaknya saja, sebelum melakukan penebangan hutan ada hal-hal yang harus dipertimbnagkan, bukan hanya tentang pengaruh besar kecilnya curah hujan saja, tapi faktor-faktor lain juga harus di perhatikan misalnya kelangsungan ekosistem yang ada di suatu kawasan berhutan yang akan di tebang itu, seperti hutan itu tempat tinggalnya binatang-binatang, burung-burung dan lain sebagainya.

  • Jika hutannya dibabat maka binatang-binatang dan burung-burung terancam tempat tinggal dan kelestariannya. Biasanya jika tempet tinggalnya habis maka binatang akan menyerobot ke pemukiman penduduk, secara tidak langsung penduduk yang didatangi oleh binatang-binatang tersebut akan terganggu ke tentramannya, dari itu tindakan penebangan hutan baik secara legal maupun illegal ada dampak negatifnya,

HUBUNGAN HUTAN, IKLIM DAN BANJIR

  • Pada alenia ini di jelaskan bahwa pengaruh hutan menambah curah hujan dan mengalirkan sumber-sumber air yang sebelumnya tidak ada menurut Asdak itu merupakan salah kaprah. Tapi kalau menurut saya apaun bukti-bukti penelitian bahwa hutan tidak begitu berpengaruh terhadap curah hujan, iklim dan aliran air, keberadaan hutan secara lestari itu tetap diperlukan.

HUTAN DAN BANJIR

  • Jika hutan memang tidak berpengaruh secara signifikan menurut para peneliti yang telah meneliti tentang pengaruh hutan terhadap banjir, tapi setidaknya hutan yang ada kiri-kanan atau dihulu sungai dapat mempengaruhi ke seimbangan air jika saat terjadi banjir. Karena pohon menyerap air atau menahan air melalu perakarannya, kemudian diuapkan maka dengan demikian terjadi suatu keseimbangan debit air (jika hutanya tumbuh secara Alami).

  • Terjadinya suatu banjir karena sungai sudah tidak sanggup lagi menampung debit air. Jadi intinya hutan itu masih ada perannya dalam kaitan dengan peristiwa banjir. Seperti berikut ini merupakan faktor keterkaitan hutan dengan banjir;
  • Keberadaan hutan mempertahankan tanah pada tempatnya.
  • Keberadaan hutan memeberikan tambahan kapasitas tampung air
  • Keberadaan hutan meningkatkan infiltrasi

HUTAN DAN KEKERINGAN

  • Kekeringan ialah keadaan suatu daerah yang kekurangan curah hujan atau kelembaban

  • Menurut Asdak nggak mungkin suatu daerah akan jadi gurun akibat penebangan hutan, tapi kalau menurut saya jadi gurun sih nggak tapi bias menjadi wilayah yang dipenuhi ilalang dan gersang, jika penebangan hutan dilakukan secara terus menerus dan menggunakan alat berat untuk memungut hasil hutan tersebut di suatu kawasan hutan, dan di ikuti dengan pembakaran serta pengembalaan ternak sehingga tanah menjadi padat dank eras maka wilayah itu akan mengalami kekeringan.

HUTAN DAN MATA AIR

  • Memang menurut hasil penelitian tidak ada pengaruhnya terhadap besar kecilnya mata air, tapi pada daerah-daerah tertentu hilangnya hutan justru menghilangkan mata air, memang jika berbicara masalah melestarikan hutan dan pengaruhnya terhadap mata air belum begitu nyata.

  • Jadi sekali lagi kalau menurut saya jika memang hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh hutan terhadap aliran air, curah hujan, banjir dan mata air tidak terlalu berpengaruh, bukan berarti pembalakan liar di biarkan begitu saja, karena masih banyak hal-hal yang penting dari hutan itu sendiri.
%d blogger menyukai ini: