KEBEN (Baringtonia Asiatica )


Nama keben mungkin masih asing di telinga kita. Keben (Barringtonia spp.) merupakan tumbuhan berbentuk pohon yang mudah ditemukan di sepanjang pantai lautan Asia dan Pasifik. Di Indonesia khususnya Papua, biji keben dikenal sebagai racun ikan. Namun, tidak ada yang tahu bila biji keben memiliki manfaat yang lebih besar bagi manusia. Ekstrak biji keben ternyata dapat digunakan untuk membuat obat tetes mata yang mampu mengobati berbagai macam gangguan mata.

Sejak ditemukan pada akhir 2002, obat tetes mata dari keben ini telah terbukti secara empiris mampu menyembuhkan puluhan ribu penderita penyakit mata dengan berbagai keluhan. Merupakan jenis pohon besar yang banyak tumbuh di daerah pantai kering. Daun bulat telur, agak tebal, mengkilap, dan besar-besar. Bunga berwarna putih bersih. Buah berbentuk persegi empat, besar dan berserabut banyak. Buah ini banyak mengandung saponin yang dapat dimanfaatkan sebagai racun ikan. Sering dipergunakan sebagai tanaman hias dengan nama pohon perdamaian.

Keben tangkai daunnya pendek, helai daun besar, kaku seperti kulit, dan permukaan atas mengkilat. Buahnya berbentuk piramida bersegi 4, sering ditanam di lingkungan Kraton, khususnya di Yogyakarta di depan Bangsal Sri Menganti karena nilai filosofisnya dari bentuk buah yang bersegi 4 dan menyatu di suatu titik ujungnya seperti gambaran bersatunya berbagai daerah 4 penjuru arah mata angin yang menyatu untuk dapat bertemu dengan Sri Sultan, disamping ditanam sebagai peneduh juga disimbolkan sebagai pohon perdamaian.

%d blogger menyukai ini: