GANDARIA (Bouea macrophylla Griffith)

Gandaria (Bouea macrophylla Griffith)atau nama lokal lainnya jatake adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand. Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Bauh Gandaria berbentuk bulat lonjong, berukuran kecil. Buah yang telah masak berwarnaa kuning atau merah muda. Daging buahnya tebal, berair, rasanya ada yang asam dan ada pula yang manis. Buah Gandaria yang telah masak , setelah dikupas dapat dimakan dalam keadaan segar. Dapat juga sebagai bahan pembuatan sirup, dan sari buah-buahan. Buah yang masih muda dapat digunakan unutk rujak dan asinan. Dapat juga dipakai sebagai pengganti jeruk nipis atau asam.

Tanaman berupa pohon dengan ketinggian hingga 27 m dengan tajuk rapat. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudia berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua. Perbungaannya malai, muncul di ketiak daun, Buahnya bertipe buah batu, berbentuk agak bulat, berdiameter 2,5-5 cm, berwarna kuning sampai jingga, daging buahnya mengeluarkan cairan kental; buahnya tidak berbulu, rasanya asam sampai manis, dengan bau yang khas agak mendekati bau terpentin. Keping biji berwarna lembayung. Tanaman Gandaria berbunga pada bulan Agustus September. Dan buahnya akan masak pada bulan Desember Januari.

Gandaria adalah tumbuhan tropik basah dan dapat tumbuh pada tanah yang ringan dan subur. Tumbuh liar di hutan dataran rendah di bawah 300 m dpl., tetapi dalam pembudidayaan telah berhasil ditanam pada ketinggian sekitar 850 m dpl. Gandaria (Bouea macrophylla Griff), termasuk salah satu anggota Anacardiaceae.

Tanaman Gandaria dapat diperbanyak dengan menanam biji atau mencangkok. Kayu tanaman ini dapat digunakan untuk sarung keris dan untuk bahan bangunan. Gandaria merupakan tanaman buah yang patut dilestarikan

%d blogger menyukai ini: