Herliyan Ingatkan Sekolah Berwawasan Lingkungan

27a5d4934e2f3c1598695b20b19eca08Kerusakan lingkungan saat ini sudah semakin mengancam kehidupan. Sebagai contoh, tingkat kadar CO2 di atmosfir akibat pencemaran udara, sudah sangat mengkhawatirkan dan mengancam keutuhan bumi.

”Kesadaran akan perlunya memelihara dan menyelamatkan lingkungan harus ditanamkan sejak dini pada setiap orang. Cara yang paling efektif adalah melalui pendidikan. Baik itu pendidikan formal, non formal maupun informal,” ujar Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh dalam Sosialisasi Menuju Sekolah Adiwiyata Berkelanjutan. Pembukaan kegiatan yang ditaja Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis itu di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut Bengkalis, Rabu (10/12/14).

Kepada BLH dan Dinas Pendidikan, Herliyan berharap agar dapat menyusun langkah-langkah strategis, konkrit dan mudah diterapkan. Sehingga sekolah-sekolah di daerah ini, baik negeri maupun swasta, sekolah umum maupun kejuruan, menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan. Seluruhnya mengikuti program adiwiyata.

”Tujuan program adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Karena itu, semakin banyak sekolah yang mengikuti program adiwiyata semakin baik,” paparnya.

Adapun sekolah yang dinilai sukses melaksanakan program adiwiyata tingkat Kabupaten Bengkalis 2014 untuk tingkat SD sederajat, sekolah yang menerima penghargaan tersebut adalah SD Negeri 54 dan  SD Negeri 74 Balai Makam Kecamatan Mandau, serta SDN 20 Kecamatan Pinggir.

Untuk tingkat SMP sederajat, penghargaan itu diberikan kepada SMP Negeri 1 Bengkals, SMP Negeri 1 Kecamatan Siak Kecil dan SMP Negeri 1 Kecamatan Bantan. Sedangkan untuk tingkat SMA sederajat diterima SMA Negeri 1 Kecamatan Bantan, SMA Negeri 2 Bengkalis dan SMA Negeri 1 Kecamatan Pinggir. [**grc]

http://metroterkini.com/berita-11868-herliyan-ingatkan-sekolah-berwawasan-lingkungan.html

%d blogger menyukai ini: