VARIASI MORFOLOGI SUKUN NUSANTARA

Hamdan Adma Adinugraha

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan

Sukun adalah salah satu jenis tanaman serbaguna yang dapat ditanam di pekarangan, kebun, perindang jalan/taman dan rehabilitasi lahan. Buahnya merupakan sumber bahan pangan dan potensial untuk bahan makanan pokok. Kayunya dapat digunakan untuk konstruksi ringan, kerajinan, papan salancar/kano, serat dari bagian dalam kulit dapat dimanfaatkan untuk bahan tekstil dan daunnya berkhasiat untuk ramuan obat tradisional.

Potensi sukun di Indonesia sangat melimpah dengan populasi sebaran yang sangat luas dan berdasarkan hasil pengamatan terdapat variasi dalam morfologi tanaman, buah dan kandungan gizinya. Penyebaran sukun di Indonesia tidak hanya di daratan pulau-pulau besar, melainkan penyebarannya sampai ke pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu sukun memiliki cukup banyak nama lokal sesuai dengan daerahnya masing-masing. Selanjutnya nama sukun sering dikaitkan dengan nama daerah asalnya, seperti sukun Pulau Seribu, sukun Sorong, sukun Cilacap, sukun Bone, sukun Yogya dan sukun Bawean.


Gambar 1. Penyebaran tanaman sukun di nusantara

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangaan menunjukkan adanya variasi sukun antar daerah. Secara morfologi diketahui adanya variasi berdasarkan bentuk daun, bentuk buah, ukuran buah dan kualitas rasanya. Secara umum bentuk daun dapat dibedakan menjadi daun berlekuk sedikit, belekuk agak dalam dan berlekuk dalam. Adapun buah sukun menunjukka variasi ukuran kecil sampai besar dengan bentuk bulat sampai lonjong serta adadan tidaknya duri buah.

  1. Buah sukun dengan bentuk bulat dan tidak berduri terdapat di Sleman DIY, Cilacap, Bawean, Kediri, Banyuwangi, Pulau Seribu, Banten, Sukabumi, Mataram, Bali, Lampung
  2. Buah sukun bentuk bulat dan berduri sampai tua/matang terdapat di Ternate, Yogyakarta dan Madura
  3. Buah sukun bentuk lonjong dan tidak berduri terdapat di Sleman DIY, Cilacap, Bawean, Kediri, Banyuwangi, Pulau Seribu, Banten, Bali, Mataram, Lampung
  4. Buah sukun lonjong dan berduri terdapat di Sorong, Manokwari, Malino, Bone, Madura


Gambar 2. Variasi morfologi buah dan daun sukun di Indonesia

%d blogger menyukai ini: