PERTUMBUHAN TANAMAN Araucaria cunninghamii UMUR 6 TAHUN DI BONDOWOSO

Dedi Setiadi

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan

Araucaria cunninghamii Aiton ex D. Don merupakan salah satu spesies konifer dalam famili Araucariaceae yang hanya tumbuh dan menyebar secara alami di Papua, Queensland-Australia dan Papua New Guinea. Keberadaan sumber daya genetik A. cunninghamii di hutan alam tropis Papua belum dikelola dan dimanfaatkan secara optimal untuk kegiatan pemuliaan pohon dan pengelola hutan tanaman di Indonesia. Hal ini disebabkan para pemulia pohon dan pengelola hutan tanaman di Indonesia banyak yang belum mengetahui tentang potensi, prospek dan nilai ekonomi jenis ini. Penggunaan jenis kayu ini potensial untuk semua spektrum penggunaan kayu lunak, antara lain bahan baku industri kertas dan pulp, kayu lapis, vinir, panel, lantai dan kayu pertukangan. Selain itu, getahnya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi (Dean et al. 1988).

Pembangunan plot uji keturunan tahap I mulai dilaksanakan pada tahun anggaran 2002 sedangkan pembangunan plot uji keturunan tahap II dilaksanakan pada tahun 2007 di Desa Sumber Waringin, Kecamatan Sumber Waringin, Kabupaten Bondowoso, Propinsi Jawa Timur. Tapak uji keturunan memiliki tipe iklim B dengan rerata curah hujan sebesar 2400 mm/tahun. Musim hujan mulai bulan November sampai dengan April dengan suhu terendah 170C dan suhu tertinggi 300C. Jenis tanahnya bertekstur sedang yang meliputi lempung, lempung berdebu dan lempung liat berpasir. Tapak tergolong datar, terletak pada ketinggian tempat 800 m di atas permukaan laut.

Gambar. Tanaman Araucaria sp umur 6 tahun di Bondowoso

Tabel 1. Rata-rata pertumbuhan tinggi dan diameter pada uji keturunan A.cunninghamii

tahap II umur 5 tahun di Bondowoso, Jawa Timur

Provenans

Tinggi (m)

Provenans

Diameter (cm)

Kanobon

7,14

Kanobon

5,20

Napua

7,02

Napua

5,19

Kebar

6,97

Kebar

5,18

Cyklop

7,11

Cyklop

5,06

Yarraman

6,88

Yarraman

4,71

Fak-fak

6,99

Fak-fak

4,97

Rata-rata

7,02

Rata-rata

5,05

Sumber: Sumber : Laporan Hasil Penelitian (LHP). Evaluasi Uji Keturunan Araucaria cunninghamii Tahun 2013. Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan


%d blogger menyukai ini: